![]() |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI : SDN Dinoyo
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi : 1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar : 1.1 Membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa dapat membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun dengan
menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Surah Al Lahab dan Al Kafirun
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan
harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya
membahas
hukum bacaan yang ada pada Surah Al Lahab dan Al Kafirun
3. Siswa berlatih membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan
menerapkan hukum bacaan yang benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama surat-surat yang telah dihafal siswa
F Memperkenalkan pengantar tentang asbabun nuzul dari bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun dan siswa yang lain mendengarkan
F Siswa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara klasikal, kelompok dan individu sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Lahab dan Al Kafirun
F Siswa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Lahab dan Al Kafirun
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang hukum bacaan yang ada pada Surah Al Lahab dan Al Kafirun
F Siswa diminta menulis Surah Al Lahab dan Al Kafirun di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Alquran (Juz Amma)
2. Teks lafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun di karton atau papan tulis
3. Kaset/CD tentang Alquran
4. Buku Pendidikan Agama Islam.
5. Buku Tajwid atau buku-buku lain yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
| Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
| Ø Membaca Surah al Lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar Ø Mengulang-ulang membaca Surah Al lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang bena | Tes lisan Tes lisan | Pelafalan Pelafalan | Ø Lafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun sesuai dengan makhraj dan harakat yang benar! Ø Lafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah tersebut! |
1.Produk ( hasil diskusi )
| No. | Aspek | Kriteria | Skor |
| 1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
| No. | Aspek | Kriteria | Skor |
| 1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
| No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
| Kerjasama | Partisipasi | |||||
| 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
| Mengetahui, Kepala SDN Dinoyo (WIDYANINGSIH, S.Pd) NIP : 19650304 198803 2 011 | | …….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam (H.MUNTAHA, S.Ag) NIP :19591120 198504 1 003 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI : SDN Dinoyo
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi : 1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar : 1.2 Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (2 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat mengartikan Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan
benar
2. Siswa dapat memahami isi pokok dari Surah Al Lahab dan Al
Kafirun
3. Siswa dapat menghafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Surah Al Lahab dan Al Kafirun.
Metode Pembelajaran: 1. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Lahab dan Al Kafirun
2. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas isi
pokok Surah Al Lahab dan Al Kafirun
3. Siswa berlatih menghafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah- surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan(melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siwa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara bersama-sama
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diperkenalkan arti kata per kata dan per ayat Surah Al Lahab dan Al Kafirun
F Siswa mengartikan Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang isi pokok Surah Al Lahab dan Al Kafirun
F Siswa menghafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara klasikal, kelompok dan individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:

Tidak ada komentar:
Posting Komentar