
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN Dinoyo
Kelas / Semester : II / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar Kompetensi : 1. Menghafal Alquran
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengenal huruf Hijaiah
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2 ´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
1. Siswa dapat melafalkan huruf Hijaiah dengan benar
2. Siswa dapat menunjukkan hafal huruf Hijaiah
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
1. Huruf Hijaiah.
Metode Pembelajaran:
1. Siswa berlatih melafalkan huruf Hijaiah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
2. Guru memberikan penjelasan tentang makhraj huruf Hijaiah
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
F Apersepsi : menghafalkan huruf Hijaiah
F Motivasi :menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf Hijaiah secara klasikal
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf Hijaiah secara kelompok
F Siswa menghafalkan huruf Hijaiah secara individu
F Siswa tampil ke depan kelas menghafalkan huruf Hijaiah dengan benar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis huruf-huruf Hijaiah di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Alquran (juz amma)
4. Buku pendidikan agam islam.
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset dan CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian:
| Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
| Ø Melafalkan huruf hijaiah dengan benar Ø Menunjukkan hafal huruf Hijaiah | Tes lisan Tes lisan | Hafalan Hafalan Uraian |
a. angka tiga terbalik b.mata pancing c. toge
a. ta b. ţa c. dad
a. ف b. ق c. ك
a. kaf nun b. kaf ya’ c. kaf mim
a. س ن b. س ج c. س ت
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
| No. | Aspek | Kriteria | Skor |
| 1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
| No. | Aspek | Kriteria | Skor |
| 1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
| No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
| Kerjasama | Partisipasi | |||||
| 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
| Mengetahui, Kepala SDN Dinoyo (WIDYANINGSIH, S.Pd) NIP : 19650304 198803 2 011 | | …….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam (H.MUNTAHA, S.Ag) NIP :19591120 198504 1 003 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN Dinoyo
Kelas / Semester : II/ 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar Kompetensi : 1. Menghafal Alquran
Kompetensi Dasar : 1.2Mengenal tanda baca (harakat)
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
1. Siswa dapat melafalkan huruf Hijaiah berharakat:
a. fatah
b. kasrah
c. damah
d. tanwin
e. sukun
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
1. Harakat .
Metode Pembelajaran :
1. Siswa berlatih melafalkan huruf Hijaiah berharakat secara bersama-sama dan kelompok mengikuti bacaan guru.
2. Siswa menampilkan kemampuannya melafalkan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara individu di depan kelas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
F Apersepsi : Guru memperkenalkan bahan ajaran mengenai tanda baca (harakat)
F Motivasi : Siswa menyebutkan kembali huruf-huruf Hijaiah secara klasikal
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara bersama-sama dan kelompok
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperaktikkan pelafalan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara individu di depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan dan ditulis di buku tugas serta dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
F Siswa memahami bacaan intisari
Alat / Sumber Belajar :
1. Tulisan tanda baca (harakat) di karton atau papan tulis
2. Tulisan huruf Hijaiah berharakat di karton atau papan tulis
3. Buku tajwid
4. Buku pendidikan Agama Islam
5. Buku-buku lain yang relevan
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian:
| Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
| Ø Melafalkan huruf Hijaiah beraharakat: o Fatah o Kasrah o Damah o Tanwin o sukun | Tes lisan | Uraian | 1. Bacalah huruf Hijaiah berharakat berikut! Fatah a. Kasrah b. Damah c. Tanwin d. sukun 2. اَيْنَ Kalimat di samping dibaca…. a. auna b. ina c. aina 3. Kaifa jika ditulis huruf al-Quran adalah …. a. كِيْفَ b. كَيْفَ c. كُوْفَ 4. جَوْفَ Kalimat di samping dibaca… a. jaufa b. jaifa c. jufa 5. يَوْمَ Kalimat di samping dibaca… a. yuma b. yaima c. yauma 6. Laura jika ditulis huruf al-Quran… a. لَوْحَ b. لَوْزَ c. لَوْرَ 7. صَوْفِ Kalimat di samping dibaca… 8. لَوْحٌ Jika ditulis latin berbunyi… 9. Rauda jika ditulis huruf al-Quran… 10. Apabila ada huruf bertanda baca fathah diikuti oleh ya’ mati dibaca apa? 11. Tulislah ke dalam huruf al-Quran!nauma 12. Tulislah ke dalam huruf latin!قَوْمَ |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
| No. | Aspek | Kriteria | Skor |
| 1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
| No. | Aspek | Kriteria | Skor |
| 1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
| No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
| Kerjasama | Partisipasi | |||||
| 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
| Mengetahui, Kepala SDN Dinoyo (WIDYANINGSIH, S.Pd) NIP : 19650304 198803 2 011 | | …….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam (H.MUNTAHA, S.Ag) NIP :19591120 198504 1 003 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SDN Dinoyo
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II/ 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar : 2.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
1. Siswa dapat menyebutkan lima dari Asmaul Husna
2. Siswa dapat menghafal lima Asmaul Husna
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
1. Asmaul Husna .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar